Latest Updates

Cari Blog Ini

Skenario Pembelajaran dalam Inquiring Minds What To Know

Ada banyak pilihan bagi seorang guru dalam melaksanakan pembelajaran. Salah satunya adalah Inquiring Minds What To Know atau membangkitkan rasa ingin tahu. Melalui penerapan skenario ini diharapkan bisa mendorong rasa ingin tahu siswa. Dalam pelaksanaannya, guru memunculkan sebuah pertanyaan / permasalahan yang mendorong peserta didik untuk mengetahui jawaban sebenarnya. Guru tidak "boleh" membatasi jawaban / argumen siswa dengan vonis "banar" atau "salah". Guru harus memberikan keleluasaan pada peserta didik untuk mengeksplor pendapat / opini masing-masing.
Skenario yang dapat dilaksanakan  dalam  Inquiring Minds What To Know yaitu :

I. Prosedure.
pertama , Lontarkan sebuah pertanyaan yang mampu membangkitkan minat seluruh anggota kelas. Pertanyaan hendaknya mampu membuat rasa penasaran pada diri peserta didik. Dari rasa penasaran ini diharapkan memunculkan rasa ingin tahu yang kuat pada peserta didik. Pertanyaan yang dilontarkan hendaknya satu saja, dan diharapkan ada beberapa peserta didik yang mengetahui jawabannya. Contoh pertanyaan yang dapat dilontarkan antara lain :
  • pengetahuan sehari-hari , misalnya : Apa saja zat makanan yang kita makan sehari-hari ?
  • Pertanyaan bagaimana, misalnya : bagaimana cara mengatur menu makan setiap hari yang bisa memenuhi 4 sehat 5 sempurna ?
  • Pengertian / definisi : Apa yang dimaksud dengan zat makanan ?
  • Hasil-manfaat : Apa manfaat dari zat-zat makanan yang kita konsumsi sehari-hari ?
Kedua, Dorong peserta didik untuk berspekulasi dan menebak dengan bebas dengan bebas. Pilihlah frase pembangkit semangat untuk mengeksplor jawaban dari peserta didik: ayo coba lagi, hampir mendekati, bisa diperjelas lagi, dll.
Ketiga, jangan memberikan umpan balik dengan segera. Terima semua jawaban siswa, tulis di papan lebih bagus.Bentuklah keingintahuan dengan jawaban sebenarnya.

II. Variasi :
  •  Pasangkan peserta didik dan mintalah mereka membuat tebakan / jawaban secara kolektif
  • Sebagai ganti dari pertanyaan, guru dapat memberi tahukan apa kira-kira yang hendak diajarkan dan mengapa peserta didik harus tahu bahwa itu menarik. 
  • Akan lebih menarik jika guru menyediakan media konkrit dan media audiovisual, audiovideo untuk mengawali kegiatan pembelajaran.
Akhirnya, semua keputusan ada ditangan Anda sebagai Guru.

0 Response to "Skenario Pembelajaran dalam Inquiring Minds What To Know"

Posting Komentar

Entri Populer