Latest Updates

Contoh Pengisian Evaluasi Diri Guru untuk Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan


Sejak disahkannya UU Guru & Dosen tahun 2005, ada salah satu yang berbeda terkait dengan penilain kinerja guru. Salah satu bagian dari penilaian tersebut adalah  adanya penilaian kinerja guru secara "swalayan" yakni guru diberi kesempatan untuk menilai dirinya sendiri yang disebut dengan istilah " Evaluasi Diri Guru untuk Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan".
Penilaian model ini menuntut setiap guru untuk bisa membaca, melihat,mengetahui kelebihan dan kekurangan dirinya berkaitan dengan profesinya sebagai guru selama 1 tahun berlalu.
Harapannya tentu, guru akan selalu berusaha untuk memperbaiki diri. Dan dampaknya tentu akan berasa setelah program ini berjalan selang beberapa tahun ke depan.
Bagaimana cara mengisi form Evaluasi Diri Guru ?
Inilah yang banyak ditanyakan oleh Bapak/Ibu guru.
Berkaitan dengan hal tersebutlah maka saya mencoba untuk berbagi mengenai contoh pengisian form EDS.
Berikut ini contohnya !

Format 1 :
Evaluasi Diri Guru untuk Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan
[ diisi Guru ]

Nama Sekolah : SMP NEGERI
Nomor Statistik Sekolah  :  123.456.78
Alamat              :  Jl. Raya
Kabupaten                         :   LAMA
Nama Guru      :  GURU BARU, SPd
Tahun Pelajaran : 14/15
Tanggal : 30 JUNI 2030



A.      Kompetensi Inti
Evaluasi Diri terhadap kompetensi terkait

PEDAGOGIK
1.
Menguasai karakteristik peserta didik
Saya belum  menguasai karakteristik peserta didik saya dalam aspek sosial dan emosional, juga hanya tidak lebih dari 50% hafal dengan nama-nama peserta didik saya
2.
Menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip belajar yang mendidik
Saya merasa  baru  sedikit  menguasai berbagai teori belajar dan implementasinya dalam pembelajaran utamanya teori-teori belajar terkini yang menjadi rujukan
3.
Pengembangan kurikulum
Saya sudah paham bagaimana menyusun RPP sesuai dengan standar proses dan pendidikan karakter bangsa
4.
Kegiatan Belajar yang mendidik
Saya belum mampu melaksanakan kegiatan pembelajaran sesuai RPP yang saya buat, dan belum paham juga  bagaimana melaksanakan implementasi strategi pembelajaran yang mendidik
5.
Pengembangan potensi peserta didik
Saya belum dapat mengoptimalkan pengembangan potensi peserta didik baik dalam aspek intelektual, emosional maupun spiritualnya
6.
Komunikasi dengan peserta didik
Dalam berkomunikasi dengan peserta didik terkadang [ tidak selalu ] saya mengalami / menghadapi kendala ketika ada 1 atau 2 pserta didik yang tidak bisa menempatkan dirinya.
7.
Penilaian dan Evaluasi
Saya merasa tidak mengalami banyak kendala dalam melakukan penilaian kepada peserta didik baik cognitif, afektif maupun psikomotorik.

KEPRIBADIAN
8.
Bertindak sesuai norma agama, hukum, sosial dan kebudayaan nasional
Saya belum bisa sepenuhnya  berperilaku sesuai dengan norma agama yang saya yakini dan norma-norma hukum serta sosial yang berlaku baik di sekolah maupun di masyarakat
9.
Menunjukkan pribadi yang dewasa dan teladan
Saya belum bias  menampilkan diri sebagai pribadi yang mantap  dan stabil, berusaha tidak terlalu emosional dalam menghadapi masalah dalam bergaul dengan rekan guru , dan peserta didik
10.
Etos kerja, tanggungjawab yang tinggi dan rasa bangga menjadi guru
Saya belum bisa menunjukkan etos kerja , tanggungjawab yang tinggi serta belum begitu bangga menjadi seorang guru

SOSIAL
11.
Bersikap inklusif, bertindak obyektif serta tidak diskriminatif
Saya selalu berusaha untuk bisa membawakan  diri saya sebaik mungkin dalam bergaul dengan sesama rekan guru tanpa membedakan  suku, ras, mapun agama. Dan saya berupaya untuk bisa bersikap adil dalam memberikan perlakuan terhadap peserta didik
12.
Komunikasi dengan sesama guru, tenaga kependidikan, orang tua, peserta didik dan masyarakat
Komunikasi saya dengan sesama guru, tenaga kependidikan, orang tua, dan masyarakat tidak ada hambatan / permasalahan.  Tetapi ketrampilan berkomunikasi secara ilmiah di forum/komunitas ilmiah baik melalui media cetak maupun elektronik belum

PROFESIONAL
13.
Penguasaan materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuwan yang mendukung mata pelajaran yang diampu
Saya merasa masih belum optimal dalam menguasai materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuwan yang mendukung mata pelajaran yang  saya ampu
14.
Pengembangan keprofesionalan melalui tindakan yang reflektif
Saya sudah cukup memahami cara menyusun proposal , melaksanakan dan menyusun laporan PTK. Hanya saja masih merasa berat untuk take action

BERBAGAI HAL TERKAIT DG PEMENUHAN DAN PENINGKATAN KOMPETENSI INTI TERSEBUT
1.
Usaha-usaha yang telah saya lakukan untuk memenuhi dan mengembangkan ke-14 kompetensi Inti
Belajar secara mandiri baik melalui buku-buku referensi , browsing internet yang terkait dengan permasalahan kompetensi inti. Juga melalui kegiatan MGMP di kabupaten atau kegiatan
2.
Kendala yang saya hadapi dalam memenuhi dan mengembangkan kompetensi inti tersebut
Pengelolaan waktu baik di sekolah maupun di rumah, finansial serta motivasi diri
3.
Keberhasillan yang saya capai setelah mengikuti pengembangan keprofesian berkelanjutan untuk memenuhi dan mengembangkan kompetensi inti
Belum nyata terlihat, hanya merasa bertambah wawasan pengetahuan keilmuwan
4.
Pengembangan keprofesian berkelanjutan yang masih saya butuhkan dalam memenuhi dan mengembangkan kompetensi inti tersebut
Saya tentu masih membutuhkan pengembangan pengetahuan serta ketrampilan untuk Ke-14 kompetensi inti tersebut. Utamanya  ketrampilan mengelola pembelajaran yang bisa / mampu menggugah inspirasi , motivasi belajar peserta didik
B.    Kompetensi Menghasilkan Publikasi Ilmiah
1.
Usaha-usaha yang telah saya lakukan untuk memenuhi dan mengembangkan  kompetensi untuk menghasilkan publikasi ilmiah
Mengikuti seminar penulisan PTK, membaca PTK karya guru lain, mencari info seputar PTK
2.
Kendala yang saya hadapi dalam memenuhi dan mengembangkan kompetensi untuk menghasilkan publikasi ilmiah
Belum mampu mengalahkan diri sendiri
3.
Keberhasilan yang saya capai setelah mengikuti pengembangan keprofesian berkelanjutan untuk memenuhi dan mengembangkan kompetensi untuk menghasilkan publikasi ilmiah
Belum ada wujudnya

C.    Kompetensi menghasilkan karya Inovatif
1.
Usaha-usaha yang telah saya lakukan untuk memenuhi dan mengembangkan kompetensi untuk menghasilkan karya inovatis
Saya belum melakukan apa-apa untuk hal ini. Hanya sebatas memiliki ide.
2.
Kendala yang saya hadapi dalam memenuhi dan mengembangkan  kompetensi untuk menghasilkan karya inovatif
Mungkin terkait dengan keyakinan diri, tujuan dan lainnya
3.
Keberhasilan yang saya capai setelah mengikuti pengembangan keprofesian berkelanjutan untuk memenuhi dan mengembangkan kompetensi untuk menghasilkan karya inovatif
Belum ada

D.   Kompetensi untuk penunjang pelaksanaan pembelajaran berkualitas [ TIK, Bahasa asing, dsb ]
1.
Usaha-usaha yang telah saya lakukan untuk memenuhi dan mengembangkan kompetensi penunjang pelaksanaan pembelajaran yang berkualitas
Saya sudah belajar tentang beberapa program dasar pengoperasian kumputer dan program TIK untuk pengembangan diri
2.
Kendala yang saya hadapi dalam memenuhi dan mengembangkan kompetensi penunjang pelaksanaan pembelajaran yang berkualitas
Perangkat terbatas, kemauan diri
3.
Keberhasilan yang saya capai setelah mengikuti pengembangan keprofesian berkelanjutan untuk memenuhi dan mengembangkan kompetensi penunjang pelaksanaan pembelajaran yang berkualitas
Belum nampak
4.
Pengembangan keprofesian yang masih saya butuhkan dalam memenuhi dan mengembangkan kompetensi penunjang pelaksanaan pembelajaran yang berkualitas
Latihan pemanfaaatan, pengelolaan pembelajaran yang berkualitas

E.    Kompetensi untuk melaksanakan tugas tambahan [ misalnya : Kepala Sekolah, Kepala Perpustakaan, dsb ]
1.
Usaha-usaha yang telah saya lakukan untuk memenuhi dan mengembangkan kompetensi untuk melaksanakan tugas tambahan tersebut
Belum ada
2.
Kendala yang saya hadapi dalam memenuhi dan mengembangkan kompetensi untuk melaksanakan tugas tambahan tersebut
Belum ada
3.
Keberhasilan yang saya capai setelah mengikuti pengembangan keprofesian berkelanjutan untuk memenuhi dan mengembangkan kompetensi untuk melaksanakan tugas tambahan tersebut
Belum ada
4.
Pengembangan keprofesian berkelanjutan yang masih saya butuhkan dalam memenuhi dan mengembangkan kompetensi untuk melaksanakan tugas tambahan tersebut
Belum ada
Tanda tangan Guru


Tanda tangan Kepala Sekolah





4 Responses to "Contoh Pengisian Evaluasi Diri Guru untuk Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan"