Latest Updates

Cari Blog Ini

Konsep Belajar Aktif


Apa dan Bagaimana konsep belajar Aktif itu ?
Dalam pembelajaran aktif, yang menuntut peserta didik untuk secara sadar aktif melakukan kegiatan belajar akan memberikan dampak yang berbeda. Peserta didik  akan mampu mengingat lebih lama dan akan mampu memahami apa yang sudah dipelajarinya.
Confusius menyatakan :

Apa yang saya dengar, saya lupa ( what I hear, I forget )
Apa yang saya lihat, saya ingat ( what I see, I remember )
Apa yang saya lakukan, saya paham ( what I do, I understand )

Pernyataan ini menjadi bobot penting belajar aktif. Perpaduan antara mendengar-melihat dan melakukan akan menjadikan peserta didik mudah ingat dan memahami apa yang sudah dipelajari / diajarkan.
Pernyataan Confusius ini, oleh  Mel Silberman diperluas dan dimodifikasi menjadi apa yang disebut paham belajar aktif , yaitu :

Apa yang saya dengar, saya lupa ( what I hear, I forget )
Apa yang saya dengar dan lihat, saya ingat sedikit ( what I hear and see, I begin to understand )
Apa yang saya dengar, lihat, diskusikan dan lakukan, saya mendapatkan pengetahuan dan ketrampilan ( what I hear, see, discuss, and I  do, I acquire knowledge and skill )
Apa yang saya ajarkan kepada orang lain, saya menguasainya ( What I teach to another, I master )

Jadi ketika seorang peserta didik secara sadar aktif mendengarkan, melihat, berdiskusi, melakukan suatu aktivitas, menyampaikan / mengatakan apa yang telah dipelajari maka mereka akan memperoleh pengalaman belajar yang sungguh luar biasa .

sebagai seorang pelajar, anda harus belajar secara aktif
Sebagai seorang calon guru, anda harus mengetahui hal ini,
sebagai seorang guru / instruktur, anda harus menerapakan konsep yang satu ini
dalam setiap kegiatan pembelajaran yang anda kelola.

Bandingkan dengan yang berikut ini :
Dalam pembelajaran pasif , Apa yang diajarkan kepada peserta didik  dengan sangat cepat terkadang berdampak beda,
Beberapa peserta didik  bahkan akan lebih cepat melupakan apa yang diajarkan. Pembelajaran pasif seperti itu tidak akan mampu menuju kepada makna belajar yang sebenarnya, apalagi bertahan lama dalam memori otak peserta didik. Salah satu alasan kenapa peserta didik kebanyakan cenderung lupa terhadap apa yang pernah diajarkan adalah perbedaan tingkat kecepatan bicara pengajar dengan tingkat kecepatan peserta didik mendengarkan.

( Sumber : Active Learning )

0 Response to "Konsep Belajar Aktif"

Posting Komentar

Entri Populer