Sejak disahkannya UU Guru & Dosen tahun 2005, ada salah satu yang berbeda terkait dengan penilain kinerja guru. Salah satu bagian dari penilaian tersebut adalah  adanya penilaian kinerja guru secara "swalayan" yakni guru diberi kesempatan untuk menilai dirinya sendiri yang disebut dengan istilah " Evaluasi Diri Guru untuk Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan".
Penilaian model ini menuntut setiap guru untuk bisa membaca, melihat,mengetahui kelebihan dan kekurangan dirinya berkaitan dengan profesinya sebagai guru selama 1 tahun berlalu.
Harapannya tentu, guru akan selalu berusaha untuk memperbaiki diri. Dan dampaknya tentu akan berasa setelah program ini berjalan selang beberapa tahun ke depan.
Bagaimana cara mengisi form Evaluasi Diri Guru ?
Inilah yang banyak ditanyakan oleh Bapak/Ibu guru.
Berkaitan dengan hal tersebutlah maka saya mencoba untuk berbagi mengenai contoh pengisian form EDS.
Berikut ini contohnya !
Penilaian model ini menuntut setiap guru untuk bisa membaca, melihat,mengetahui kelebihan dan kekurangan dirinya berkaitan dengan profesinya sebagai guru selama 1 tahun berlalu.
Harapannya tentu, guru akan selalu berusaha untuk memperbaiki diri. Dan dampaknya tentu akan berasa setelah program ini berjalan selang beberapa tahun ke depan.
Bagaimana cara mengisi form Evaluasi Diri Guru ?
Inilah yang banyak ditanyakan oleh Bapak/Ibu guru.
Berkaitan dengan hal tersebutlah maka saya mencoba untuk berbagi mengenai contoh pengisian form EDS.
Berikut ini contohnya !
Format 1 :
Evaluasi Diri Guru
untuk Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan 
[ diisi Guru ]
Nama Sekolah :
  SMP NEGERI 
 | 
  
Nomor Statistik
  Sekolah  :  123.456.78 
 | 
 ||
Alamat              :  Jl. Raya 
 | 
  
Kabupaten                         :   LAMA 
 | 
 ||
Nama Guru      : 
  GURU BARU, SPd 
 | 
  
Tahun Pelajaran :
  14/15 
 | 
  
Tanggal : 30 JUNI
  2030 
 | 
 |
A.      Kompetensi Inti 
 | 
  
Evaluasi Diri terhadap kompetensi terkait 
 | 
 ||
PEDAGOGIK 
 | 
 |||
1. 
 | 
  
Menguasai
  karakteristik peserta didik 
 | 
  
Saya belum
   menguasai karakteristik peserta didik saya dalam aspek sosial dan
  emosional, juga hanya tidak lebih dari 50% hafal dengan nama-nama peserta
  didik saya 
 | 
 |
2. 
 | 
  
Menguasai teori
  belajar dan prinsip-prinsip belajar yang mendidik 
 | 
  
Saya merasa 
  baru  sedikit  menguasai
  berbagai teori belajar dan implementasinya dalam pembelajaran utamanya
  teori-teori belajar terkini yang menjadi rujukan 
 | 
 |
3. 
 | 
  
Pengembangan
  kurikulum 
 | 
  
Saya sudah paham
  bagaimana menyusun RPP sesuai dengan standar proses dan pendidikan karakter
  bangsa 
 | 
 |
4. 
 | 
  
Kegiatan Belajar
  yang mendidik 
 | 
  
Saya belum mampu melaksanakan
  kegiatan pembelajaran sesuai RPP yang saya buat, dan belum paham juga 
  bagaimana melaksanakan implementasi strategi pembelajaran yang mendidik 
 | 
 |
5. 
 | 
  
Pengembangan
  potensi peserta didik 
 | 
  
Saya belum dapat
  mengoptimalkan pengembangan potensi peserta didik baik dalam aspek
  intelektual, emosional maupun spiritualnya 
 | 
 |
6. 
 | 
  
Komunikasi dengan
  peserta didik 
 | 
  
Dalam
  berkomunikasi dengan peserta didik terkadang [ tidak selalu ] saya mengalami
  / menghadapi kendala ketika ada 1 atau 2 pserta didik yang tidak bisa menempatkan
  dirinya. 
 | 
 |
7. 
 | 
  
Penilaian dan
  Evaluasi 
 | 
  
Saya merasa tidak
  mengalami banyak kendala dalam
  melakukan penilaian kepada peserta didik baik cognitif, afektif maupun psikomotorik. 
 | 
 |
KEPRIBADIAN 
 | 
 |||
8. 
 | 
  
Bertindak sesuai
  norma agama, hukum, sosial dan kebudayaan nasional 
 | 
  
Saya belum bisa
  sepenuhnya  berperilaku sesuai dengan norma agama yang saya yakini dan
  norma-norma hukum serta sosial yang berlaku baik di sekolah maupun di
  masyarakat 
 | 
 |
9. 
 | 
  
Menunjukkan
  pribadi yang dewasa dan teladan 
 | 
  
Saya belum bias
   menampilkan diri sebagai
  pribadi yang mantap  dan stabil, berusaha tidak terlalu emosional dalam
  menghadapi masalah dalam bergaul dengan rekan guru , dan peserta didik 
 | 
 |
10. 
 | 
  
Etos kerja,
  tanggungjawab yang tinggi dan rasa bangga menjadi guru 
 | 
  
Saya belum bisa
  menunjukkan etos kerja , tanggungjawab yang tinggi serta belum begitu bangga
  menjadi seorang guru 
 | 
 |
SOSIAL 
 | 
 |||
11. 
 | 
  
Bersikap
  inklusif, bertindak obyektif serta tidak diskriminatif 
 | 
  
Saya selalu
  berusaha untuk bisa membawakan  diri saya sebaik mungkin dalam bergaul
  dengan sesama rekan guru tanpa membedakan  suku, ras, mapun agama. Dan
  saya berupaya untuk bisa bersikap adil dalam memberikan perlakuan terhadap
  peserta didik 
 | 
 |
12. 
 | 
  
Komunikasi dengan
  sesama guru, tenaga kependidikan, orang tua, peserta didik dan masyarakat 
 | 
  
Komunikasi saya
  dengan sesama guru, tenaga kependidikan, orang tua, dan masyarakat tidak ada
  hambatan / permasalahan.  Tetapi ketrampilan berkomunikasi secara ilmiah
  di forum/komunitas ilmiah baik melalui media cetak maupun elektronik belum  
 | 
 |
PROFESIONAL 
 | 
 |||
13. 
 | 
  
Penguasaan
  materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuwan yang mendukung mata
  pelajaran yang diampu 
 | 
  
Saya merasa masih
  belum optimal dalam menguasai materi, struktur, konsep dan pola pikir
  keilmuwan yang mendukung mata pelajaran yang  saya ampu 
 | 
 |
14. 
 | 
  
Pengembangan
  keprofesionalan melalui tindakan yang reflektif 
 | 
  
Saya sudah cukup
  memahami cara menyusun proposal , melaksanakan dan menyusun laporan PTK.
  Hanya saja masih merasa berat untuk take action 
 | 
 |
BERBAGAI HAL TERKAIT DG PEMENUHAN DAN
  PENINGKATAN KOMPETENSI INTI TERSEBUT 
 | 
 |||
1. 
 | 
  
Usaha-usaha yang
  telah saya lakukan untuk memenuhi dan mengembangkan ke-14 kompetensi Inti 
 | 
  
Belajar secara
  mandiri baik melalui buku-buku referensi , browsing internet yang terkait
  dengan permasalahan kompetensi inti. Juga melalui kegiatan MGMP di kabupaten
  atau kegiatan  
 | 
 |
2. 
 | 
  
Kendala yang saya
  hadapi dalam memenuhi dan mengembangkan kompetensi inti tersebut 
 | 
  
Pengelolaan waktu
  baik di sekolah maupun di rumah, finansial serta motivasi diri 
 | 
 |
3. 
 | 
  
Keberhasillan
  yang saya capai setelah mengikuti pengembangan keprofesian berkelanjutan
  untuk memenuhi dan mengembangkan kompetensi inti 
 | 
  
Belum nyata
  terlihat, hanya merasa bertambah wawasan pengetahuan keilmuwan 
 | 
 |
4. 
 | 
  
Pengembangan
  keprofesian berkelanjutan yang masih saya butuhkan dalam memenuhi dan
  mengembangkan kompetensi inti tersebut 
 | 
  
Saya tentu masih
  membutuhkan pengembangan pengetahuan serta ketrampilan untuk Ke-14 kompetensi
  inti tersebut. Utamanya  ketrampilan mengelola pembelajaran yang bisa /
  mampu menggugah inspirasi , motivasi belajar peserta didik  
 | 
 |
B.    Kompetensi Menghasilkan Publikasi Ilmiah 
 | 
 |||
1. 
 | 
  
Usaha-usaha yang
  telah saya lakukan untuk memenuhi dan mengembangkan  kompetensi untuk
  menghasilkan publikasi ilmiah 
 | 
  
Mengikuti seminar
  penulisan PTK, membaca PTK karya guru lain, mencari info seputar PTK 
 | 
 |
2. 
 | 
  
Kendala yang saya
  hadapi dalam memenuhi dan mengembangkan kompetensi untuk menghasilkan
  publikasi ilmiah 
 | 
  
Belum mampu
  mengalahkan diri sendiri 
 | 
 |
3. 
 | 
  
Keberhasilan yang
  saya capai setelah mengikuti pengembangan keprofesian berkelanjutan untuk
  memenuhi dan mengembangkan kompetensi untuk menghasilkan publikasi ilmiah 
 | 
  
Belum ada
  wujudnya 
 | 
 |
C.    Kompetensi menghasilkan karya Inovatif 
 | 
 |||
1. 
 | 
  
Usaha-usaha yang
  telah saya lakukan untuk memenuhi dan mengembangkan kompetensi untuk
  menghasilkan karya inovatis 
 | 
  
Saya belum
  melakukan apa-apa untuk hal ini. Hanya sebatas memiliki ide. 
 | 
 |
2. 
 | 
  
Kendala yang saya
  hadapi dalam memenuhi dan mengembangkan  kompetensi untuk menghasilkan
  karya inovatif 
 | 
  
Mungkin terkait
  dengan keyakinan diri, tujuan dan lainnya 
 | 
 |
3. 
 | 
  
Keberhasilan yang
  saya capai setelah mengikuti pengembangan keprofesian berkelanjutan untuk
  memenuhi dan mengembangkan kompetensi untuk menghasilkan karya inovatif 
 | 
  
Belum ada 
 | 
 |
D.   Kompetensi untuk penunjang pelaksanaan
  pembelajaran berkualitas [ TIK, Bahasa asing, dsb ] 
 | 
 |||
1. 
 | 
  
Usaha-usaha yang
  telah saya lakukan untuk memenuhi dan mengembangkan kompetensi penunjang pelaksanaan
  pembelajaran yang berkualitas 
 | 
  
Saya sudah
  belajar tentang beberapa program dasar pengoperasian kumputer dan program TIK
  untuk pengembangan diri 
 | 
 |
2. 
 | 
  
Kendala yang saya
  hadapi dalam memenuhi dan mengembangkan kompetensi penunjang pelaksanaan
  pembelajaran yang berkualitas 
 | 
  
Perangkat
  terbatas, kemauan diri 
 | 
 |
3. 
 | 
  
Keberhasilan yang
  saya capai setelah mengikuti pengembangan keprofesian berkelanjutan untuk
  memenuhi dan mengembangkan kompetensi penunjang pelaksanaan pembelajaran yang
  berkualitas 
 | 
  
Belum nampak 
 | 
 |
4. 
 | 
  
Pengembangan
  keprofesian yang masih saya butuhkan dalam memenuhi dan mengembangkan
  kompetensi penunjang pelaksanaan pembelajaran yang berkualitas 
 | 
  
Latihan
  pemanfaaatan, pengelolaan pembelajaran yang berkualitas 
 | 
 |
E.    Kompetensi untuk melaksanakan tugas tambahan
  [ misalnya : Kepala Sekolah, Kepala Perpustakaan, dsb ] 
 | 
 |||
1. 
 | 
  
Usaha-usaha yang
  telah saya lakukan untuk memenuhi dan mengembangkan kompetensi untuk
  melaksanakan tugas tambahan tersebut 
 | 
  
Belum ada 
 | 
 |
2. 
 | 
  
Kendala yang saya
  hadapi dalam memenuhi dan mengembangkan kompetensi untuk melaksanakan tugas
  tambahan tersebut 
 | 
  
Belum ada 
 | 
 |
3. 
 | 
  
Keberhasilan yang
  saya capai setelah mengikuti pengembangan keprofesian berkelanjutan untuk
  memenuhi dan mengembangkan kompetensi untuk melaksanakan tugas tambahan
  tersebut 
 | 
  
Belum ada 
 | 
 |
4. 
 | 
  
Pengembangan
  keprofesian berkelanjutan yang masih saya butuhkan dalam memenuhi dan
  mengembangkan kompetensi untuk melaksanakan tugas tambahan tersebut 
 | 
  
Belum ada 
 | 
 |
Tanda tangan Guru 
 | 
  
Tanda tangan Kepala Sekolah 
 | 
 ||


Trimksh Contoh evadirnya (SMPN 2 Wonomerto)
BalasHapusSuwun nggih
BalasHapusswun,,ijin copy
BalasHapuscontoh evadir guru bk
BalasHapustrims banget, cnth EDG
BalasHapusmatur teng kayu EDS nya
BalasHapustrim kasih super sekali
BalasHapussyukron atas contoh evadirnya...barakallah
BalasHapusSuwun ijin nyontonya...Gusti Allah yang membalasnya....!!
BalasHapusijin copas...semoga Tuhan menganti dengan kebaikan yang lebih baik...terima kasih
BalasHapusijin copas...semoga Tuhan menganti dengan kebaikan yang lebih baik...terima kasih
BalasHapusterimakasih. semoga menjadi amal baik di akhirat nanti. aamiin.
BalasHapusTerimakasih atas contoh evadir gurunya, semoga mendapat pahla yang berlipat dan barokah
BalasHapusngak bisa di donlod pak.... cuma bisa lihat doank..
BalasHapusTerima kasih
BalasHapusMatur suhun mugia barokah
BalasHapusTerimakasih, izin copas nggih Pak :)
BalasHapus
BalasHapusMatur nuwun...mugi2 manfaat
Terima kasih...sangat bermanfaat...semoga pahala yang didapat berlipat ganda. Aamiin...
BalasHapusTrimakasih atas contoh evaluasi diri semoga mendapat pahala yang berlipat ganda, amiiin..
BalasHapusTerimakasih atas contoh pengisian evadirnya,
BalasHapusTerima kasih
BalasHapusTerima kasih banyak atas bantuannya
BalasHapusSangat bermanfaat, terima kasih.
BalasHapusTerima kasih contohny
BalasHapusTerimakasih contohnya, sangat bermanfaat bagi kami semua
BalasHapusTERIMAKASIH CONTOHNYA
BalasHapusTerima kasih tuk contohnya...sangat mambantu
BalasHapusterima kasih tuk contoh evadirny. kalau boleh pingin contoh tindak lanjut dari evadir tersebut bagaimana?
BalasHapusTerima kasih sangat membantu
BalasHapusTerimakasih banyak, sangat bermanfaat.
BalasHapusKak bisa tolong share file word nya dong 😀
BalasHapusKak bisa tolong share file word nya dong 😀
BalasHapusmohon ijin copy terimakasih kak
BalasHapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapustrimakasih banyak,,
BalasHapusAlhamdulillah ...trimakasih contohnya...semoga berkah
BalasHapus