Latest Updates

Cari Blog Ini

Instrumen Evaluasi Diri PKB


EVALUASI DIRI UNTUK GURU MATA PELAJARAN
Nama Sekolah:
No.Statistik Sekolah:
Alamat
Kecamatan:
Kabupaten/Kota:
Nama Guru
Tahun Ajaran
Tanggal
A.    Dimensi Tugas Utama/Indikator Kinerja Guru
Evaluasi diri tentang kekuatan dan kelemahan yang dimiliki guru terhadap kompetensi terkait dengan indikator pelaksanaan tugas utama.
I.       Perencanaan Pembelajaran
1.     Kemampuan memformulasikan tujuan pembelajaran dalam RPP sesuai dengan kurikulum/silabus dan memperhatikan karakteristik peserta didik.

2.     Kemampuan menyusun bahan ajar secara runtut, logis, kontekstual dan mutakhir.




3.     Kemampuan merencanakan kegiatan pembelajaran yang efektif.




4.     Pemilihan sumber belajar/media pembelajaran sesuai dengan materi dan strategi pembelajaran.





II Pelaksanaan Kegiatan Pembelajaran Yang Aktif dan Efektif
Kegiatan Pendahuluan

1.     Keterampilan memulai pembelajaran.


Kegiatan Inti

1.     Penguasaan materi pelajaran.


2.     Kemampuan menerapkan pendekatan/strategi pembelajaran yang efektif.



3.     Pemanfaatan sumber belajar/media dalam pembelajaran.



4.     Kemampuan memicu dan/atau memelihara ketertiban siswa dalam pembelajaran.




5.     Kemampuan bahasa yang benar dan tepat dalam pembelajaran.



Kegiatan Penutup

1.        Keterampilan mengakhiri pembelajaran dengan efektif.



III. Penilaian Pembelajaran
1.      Perancangan alat evaluasi untuk mengukur keberhasilan belajar peserta didik.



2.     Penerapan berbagai strategi dan metode penilaian untuk memantau kemajuan dan hasil belajar peserta didik dalam mencapai kompetensi tertentu sebagaimana tertulis dalam RPP.

3.     Pemanfaatan berbagai hasil untuk memberikan umpan balik bagi peserta didik tentang kemajuan belajarnya dan bahan penysunan rancangan pembelajaran selanjutnya.

B.       Berbagai hal terkait dengan pemenuhan dan peningkatan kompetensi inti.
1.     Usaha-usaha yang telah saya lakukan untuk memenuhi dan mengembangkan kompetensi (tugas utama guru).





2.     Kendala yang saya hadapi dalam memenuhi dan mengembangkan kompetensi tersebut.




3.     Keberhasilan yang saya capai setelah mengikuti pengembangan keprofesian berkelanjutan untuk memenuhi dan mengembangkan kompetensi (tugas utama guru)

4.     Pengembangan keprofesian berkelanjutan yang masih saya butuhkan dalam memenuhi dan mengembangkan kompetensi (tugas utama guru).

C.       Kompetensi menghasilkan Publikasi Ilmiah.
1.     Usaha-usaha yang telah saya lakukan untuk memenuhi dan mengembangkan kompetensi untuk menghasilkan publikasi ilmiah.

2.     Kendala yang saya hadapi dalam memenuhi dan mengembangkan kompetensi untuk menghasilkan publikasi ilmiah.





3.     Keberhasilan yang saya capai setelah mengikuti PKB untuk memenuhi dan mengembangkan kompetensi untuk menghasilkan publikasi ilmiah.

4.     PKB yang masih saya butuhkan dalam memenuhi dan mengembangkan kompetensi untukmenghasilkan publikasi ilmiah

D.    Kompetensi menghasilkan karya inovatif.
1.     Usaha-usaha yang telah saya lakukan untuk memenuhi dan mengembangkan kompetensi untuk menghasilkan karya inovaitif.




2.     Kendala yang saya hadapi dalam memenuhi dan mengembangkan kompetensi untuk menghasilkan karya inonatif.




3.     Keberhasilan yang saya capai setelah mengikuti PKB untuk memenuhi dan mengembangkan kompetensi untuk menghasilkan karya inovatif.

4.     PKB yang masih saya butuhkan dalam memenuhi dan mengembangkan kompetensiuntuk menghasilkan karya inovatif

E.     Kompetensi untuk menunjang pelaksanaan pembelajaran berkualitas (TIK, Bahasa Asing,dsb)
1.     Usaha-usaha yang telah saya lakukan untuk memenuhi dan mengembangkan kompetensi penunjang pelaksanaan pembelajaran yang berkualitas.

2.     Kendala yang saya hadapi dalam memenuhi dan mengembangkan kompetensi penunjang pelaksanaan pembelajaran yang berkualitas.






3.     Keberhasilan yang saya capai setelah mengikuti PKB untuk memenuhi dan mengembangkan kompetensi penunjang pelaksanaan pembelajaran yang berkualitas.

4.     PKB yang masih saya butuhkan dalam memenuhi dan mengembangkan kompetensipenunjang pelaksanaan pembelajaran yang berkualitas.

F.     Kompetensi untuk mellaksanakan tugas tambahan (misal: Kepala Sekolah, Kepala Perpustakaan, wali Kelas, pembina ekstra kurikuler,dsb).
1.     Usaha-usaha yang telah saya lakukan untuk memenuhi dan mengembangkan kompetensi untuk melaksanakan tugas tambahan.

2.     Kendala yang saya hadapi dalam memenuhi dan mengembangkan kompetensiuntuk melaksanakan tugas tambahan.





3.     Keberhasilan yang saya capai setelah mengikuti PKB untuk memenuhi dan mengembangkan kompetensi untuk melaksanakan tugas tambahan.

4.     PKB yang masih saya butuhkan dalam memenuhi dan mengembangkan kompetensi untuk melaksanakan tugas tambahan.

Tanda Tangan Guru,



Tanda Tangan Kepala Sekolah,

0 Response to "Instrumen Evaluasi Diri PKB "

Posting Komentar

Entri Populer