EVALUASI DIRI UNTUK GURU MATA PELAJARAN
Nama
Sekolah:
|
No.Statistik
Sekolah:
|
|
Alamat
|
Kecamatan:
|
Kabupaten/Kota:
|
Nama
Guru
|
Tahun
Ajaran
|
Tanggal
|
A. Dimensi Tugas Utama/Indikator
Kinerja Guru
|
Evaluasi
diri tentang kekuatan dan kelemahan yang dimiliki guru terhadap kompetensi
terkait dengan indikator pelaksanaan tugas utama.
|
|
I. Perencanaan Pembelajaran
|
||
1.
Kemampuan memformulasikan tujuan
pembelajaran dalam RPP sesuai dengan kurikulum/silabus dan memperhatikan
karakteristik peserta didik.
|
|
|
2.
Kemampuan menyusun bahan ajar secara
runtut, logis, kontekstual dan mutakhir.
|
|
|
3.
Kemampuan merencanakan kegiatan
pembelajaran yang efektif.
|
|
|
4.
Pemilihan sumber belajar/media
pembelajaran sesuai dengan materi dan strategi pembelajaran.
|
|
|
II
Pelaksanaan Kegiatan Pembelajaran Yang Aktif dan Efektif
|
||
Kegiatan
Pendahuluan
|
|
|
1.
Keterampilan memulai pembelajaran.
|
|
|
Kegiatan
Inti
|
|
|
1.
Penguasaan materi pelajaran.
|
|
|
2.
Kemampuan menerapkan
pendekatan/strategi pembelajaran yang efektif.
|
|
|
3.
Pemanfaatan sumber belajar/media
dalam pembelajaran.
|
|
|
4.
Kemampuan memicu dan/atau memelihara
ketertiban siswa dalam pembelajaran.
|
|
|
5.
Kemampuan bahasa yang benar dan
tepat dalam pembelajaran.
|
|
|
Kegiatan
Penutup
|
|
|
1.
Keterampilan mengakhiri pembelajaran
dengan efektif.
|
|
|
III.
Penilaian Pembelajaran
|
||
1.
Perancangan alat evaluasi untuk mengukur
keberhasilan belajar peserta didik.
|
|
|
2.
Penerapan berbagai strategi dan
metode penilaian untuk memantau kemajuan dan hasil belajar peserta didik
dalam mencapai kompetensi tertentu sebagaimana tertulis dalam RPP.
|
|
|
3.
Pemanfaatan berbagai hasil untuk
memberikan umpan balik bagi peserta didik tentang kemajuan belajarnya dan
bahan penysunan rancangan pembelajaran selanjutnya.
|
|
|
B. Berbagai hal terkait dengan
pemenuhan dan peningkatan kompetensi inti.
|
||
1.
Usaha-usaha yang telah saya lakukan
untuk memenuhi dan mengembangkan kompetensi (tugas utama guru).
|
|
|
2.
Kendala yang saya hadapi dalam
memenuhi dan mengembangkan kompetensi tersebut.
|
|
|
3.
Keberhasilan yang saya capai setelah
mengikuti pengembangan keprofesian berkelanjutan untuk memenuhi dan
mengembangkan kompetensi (tugas utama guru)
|
|
|
4.
Pengembangan keprofesian
berkelanjutan yang masih saya butuhkan dalam memenuhi dan mengembangkan
kompetensi (tugas utama guru).
|
|
|
C. Kompetensi menghasilkan Publikasi
Ilmiah.
|
||
1.
Usaha-usaha yang telah saya lakukan
untuk memenuhi dan mengembangkan kompetensi untuk menghasilkan publikasi
ilmiah.
|
|
|
2.
Kendala yang saya hadapi dalam
memenuhi dan mengembangkan kompetensi untuk menghasilkan publikasi ilmiah.
|
|
|
3.
Keberhasilan yang saya capai setelah
mengikuti PKB untuk memenuhi dan mengembangkan kompetensi untuk menghasilkan
publikasi ilmiah.
|
|
|
4.
PKB yang masih saya butuhkan dalam
memenuhi dan mengembangkan kompetensi untukmenghasilkan publikasi ilmiah
|
|
|
D. Kompetensi menghasilkan karya
inovatif.
|
||
1.
Usaha-usaha yang telah saya lakukan
untuk memenuhi dan mengembangkan kompetensi untuk menghasilkan karya
inovaitif.
|
|
|
2.
Kendala yang saya hadapi dalam
memenuhi dan mengembangkan kompetensi untuk menghasilkan karya inonatif.
|
|
|
3.
Keberhasilan yang saya capai setelah
mengikuti PKB untuk memenuhi dan mengembangkan kompetensi untuk menghasilkan
karya inovatif.
|
|
|
4.
PKB yang masih saya butuhkan dalam
memenuhi dan mengembangkan kompetensiuntuk menghasilkan karya inovatif
|
|
|
E. Kompetensi untuk menunjang
pelaksanaan pembelajaran berkualitas (TIK, Bahasa Asing,dsb)
|
||
1.
Usaha-usaha yang telah saya lakukan
untuk memenuhi dan mengembangkan kompetensi penunjang pelaksanaan
pembelajaran yang berkualitas.
|
|
|
2.
Kendala yang saya hadapi dalam
memenuhi dan mengembangkan kompetensi penunjang pelaksanaan pembelajaran yang
berkualitas.
|
|
|
3.
Keberhasilan yang saya capai setelah
mengikuti PKB untuk memenuhi dan mengembangkan kompetensi penunjang
pelaksanaan pembelajaran yang berkualitas.
|
|
|
4.
PKB yang masih saya butuhkan dalam
memenuhi dan mengembangkan kompetensipenunjang pelaksanaan pembelajaran yang
berkualitas.
|
|
|
F. Kompetensi untuk mellaksanakan tugas
tambahan (misal: Kepala Sekolah, Kepala Perpustakaan, wali Kelas, pembina
ekstra kurikuler,dsb).
|
||
1.
Usaha-usaha yang telah saya lakukan
untuk memenuhi dan mengembangkan kompetensi untuk melaksanakan tugas
tambahan.
|
|
|
2.
Kendala yang saya hadapi dalam
memenuhi dan mengembangkan kompetensiuntuk melaksanakan tugas tambahan.
|
|
|
3.
Keberhasilan yang saya capai setelah
mengikuti PKB untuk memenuhi dan mengembangkan kompetensi untuk melaksanakan
tugas tambahan.
|
|
|
4.
PKB yang masih saya butuhkan dalam
memenuhi dan mengembangkan kompetensi untuk melaksanakan tugas tambahan.
|
|
|
Tanda Tangan Guru,
|
Tanda Tangan Kepala Sekolah,
|
0 Response to "Instrumen Evaluasi Diri PKB "
Posting Komentar